Pembagian Event Organizer


Pembagian Event Organizer

Menurut Wikipedia, Ovent Organizer atau EO adalah Penyelenggara Acara atau Usaha dalam bidang jasa yang secara sah ditunjuk oleh clientnya, guna mengorganisasikan seluruh rangkaian acara, mulai dari perencanaan, persiapan, eksekusi hingga evaluasi, dalam rangka membantu mewujudkan tujuan yang diharapkan client dengan membuat acara.

Pada dasarnya EO merupakan orang orang yang bergerak dalam sebuah organisasi yang mengatur acara mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga purna acara. Di Indonesia, jasa EO sudah mulai berkembang namun dianggap belum mampu menjadi sebuah pilihan menarik bagi sebagian masyarakat kita untuk dijadikan sumber penghasilan utama. Hal ini yang menyebabkan masih sedikit EO di Indonesia yang mampu menguasai pasar besar. Disisi lain ini menjadi sebuah peluang bagi masyarakat untuk membuka usaha bidang jasa EO.
 

Ada beberapa jenis EO yang dikenal selama ini diantaranya adalah : 

  1. (1) one stop service agency; 
  2. (2) MICE atau meeting, incentive, convention and exhibition; 
  3. (3) musik atau hiburan/promotor musik; 
  4. (4) wedding planner atau wedding organizer; 
  5. (5) ulang tahun; 
  6. (6) personal organizer.

Event organizer one stop service agency merupakan sebuah EO berskala besar yang memainkan peran disegala jenis kegiatan baik berskala regional, nasional maupun Internasional. Aktivitas EO ini mulai dari kegiatan Below The line, Above the line hingga aktivitas lain yang memerlukan jasa EO.
 

EO MICE (meeting, incentive, convention dan exhibition) ini fokus pada kegiatan kegiatan yang menyangkut Meeting baik berskala nasional maupun Internasional. Selain itu kegiatan pameran juga menjadi fokus dari EO ini.
 

Event Organizer ..... (Donny Perdana de Keizer) 857 Event organizer promoter musik ini khusus pada pertunjukan musik atau hiburan. Seperti EO jenis lain di atas, EO ini memerlukan spesialisasi keahlian khusus karena menangani kegiatan music bukanlah hal yang mudah. Beberapa EO jenis ini suda cukup eksis di Indonesia yang kerap menyelanggarakan pergelaran akbar musisi dalam maupun luar negeri.
 

Penyelenggara acara pernikahan merupakan sealah satu jenis EO yang banyak diminati oleh masyarakat. EO jenis ini focus pada semua hal yang berurusan dengan pernikahan mulai dari pre wedding hingga dokumentasi acara pernikahan. Mengelola Wedign organizer harus didukung juga oleh vendor vendor lain yang terkait dengan penyediaan fasilitas acara pernikahan. Salah satu kendala yang kerap dialami Wedding Organizer adalah ketersediaan sarana gedung untuk acara resepsi pernikahan.
 

Saat ini banyak pihak yang menunjuk EO untuk mengelola acara ulang tahun baik ulang tahun perusahaan atau ulang tahun perorangan. Semakin meningkatnya taraf hidup masyarakat Indonesia dewasa ini berujung pada semakin konsumtifnya pola hidup masyarakat sehingga penyelenggaraan pesta pribadi juga semakin menjadi sebuah kebutuhan.Banyak pihak yang kerap menyelenggarakan acara pribadi dalam skala besar yang memerlukan bantuan EO. Beberapa EO pun saat ini telah ditunjuk menjadi EO pribadi yang sewaktu waktu harus siap ketika diminta menjadi pengelola sebuah acara atau kegiatan.

 

Sumber  

  1. https://www.google.com
  2. HUMANIORA Vol.2 No.1 April 2011: 855-859 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages